About Us

Sekilas Tentang PedomanSulsel

Portal Berita PedomanSulsel.com resmi beroperasi pada hari Sabtu, tanggal 01 September 2018, tepat pukul 08.14 WITA. Kami memadukan dua kekuatan media sekaligus, dimana pada Juli 2019 Koran Pedoman Sulsel telah resmi terbit perdana. Epaper Pedoman Sulsel dapat diakses di link berikut ini: https://pedomansulsel.com/2019/07/05/epaper-pedoman-sulsel-edisi-perdana-juli-2019/

Koran & Portal Berita PedomanSulsel.com di bawah naungan PT. Media Rakyat Publik, dengan izin SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor: AHU-0038075.AH.01.01.TAHUN 2018. Head Office: Jalan Kejayaan Selatan Nomor 90 Makassar-Sulawesi Selatan.

Makna Slogan

PedomanSulsel.com dengan slogan “Mitra Rakyat”. Tagline ini punya sejarah panjang. Lahir dari semangat para pendirinya yang selalu ingin menyajikan informasi akurat sebagai mitra rakyat.

Tagline ini juga menjadi simbol bahwa kami tidak berafiliasi dengan pemerintah atau partai politik manapun. Suara yang kami bawa adalah suara dari publik. Kami adalah corong rakyat. Karena itulah PedomanSulsel.com senantiasa berdiri independen dan berani. Sebagai corong rakyat, kami juga ingin terbiasa mewakili hati nurani. Bersikap kritis terhadap penguasa. Berpegang teguh pada kaidah-kaidah jurnalistik yang profesional adalah khitah kami.

Gaya Penulisan & Tampilan

PedomanSulsel.com tampil dengan gaya bahasa yang lebih lugas. Kami mengembangkan aliran penulisan deskripsi yang mengedepankan fakta-fakta empiris. Gaya bertutur kami lebih sederhana. Dekat dengan kultur masyarakat Sulawesi Selatan, tetapi selalu tampil dengan ulasan yang dalam.

Gaya penulisan deskripsi kami kembangkan karena inilah yang banyak dipakai media-media top mancanegara. Penulisan deskripsi menjadi respresentasi media-media modern. Gaya penulisan ini dipakai untuk memuaskan kebutuhan pembaca akan informasi yang akurat dan independen.

Dari segi tampilan, kami telah mewakili model tampilan media-media online modern. PedomanSulsel.com menerapkan konsep yang lebih tegas, atraktif, dan estetik. Prinsip kami, tampilan adalah representasi dari konten. Kekuatan tampilan kami mewakili konten berita PedomanSulsel.com yang senantiasa menyajikan perbedaan.

Segmentasi

PedomanSulsel.com adalah media umum. Berkedudukan di Makassar Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan dengan menyasar kelompok masyarakat menengah ke atas. PedomanSulsel.com fokus mengupas persoalan-persoalan lokal, nasional, politik, pemerintahan, bisnis, sosial, pendidikan, hukum, kriminalitas, dan ragam persoalan lainnya.

Di segmen ekonomi, PedomanSulsel.com menyajikan ulasan berbagai hal yang bersentuhan dengan ekonomi kreatif. Secara spesifik, di segmen politik, PedomanSulsel.com mengupas isu politik nasional dengan lokal konten yang kuat. Menghadirkan secara aktual isu politik dari berbagai daerah di Sulsel.

Sebagai media umum yang menekankan pada kekuatan konten-konten lokal. Berita Ekonomi dan Bisnis kami juga 100 persen mengangkat potensi-potensi lokal, dengan sentuhan isu nasional terkini. Kami menyasar seluruh sendi kehidupan masyarakat kota Makassar dan seluruh kabupaten/kota lainnya di wilayah Sulsel. Pembaca kami menyentuh semua level, mulai dari masyarakat sipil, birokrat, politisi, pengusaha, perguruan tinggi, pelajar, dan kelompok ekonomi kreatif. PedomanSulsel.com juga senantiasa memosisikan diri sebagai pembawa suara kaum marginal.

PedomanSulsel.com memiliki sarana dan fasilitas teknologi yang lengkap untuk menunjang proses produksi yang berkualitas. Selain itu, memiliki tenaga-tenaga wartawan berpengalaman dan berintegritas. Proses editing berita melibatkan tenaga editor yang andal yang merupakan jebolan media-media besar. Mereka adalah reporter-reporter yang spesialis di bidangnya. Juga dilengkapi tenaga desain iklan dan layout yang kreatif. Memiliki tenaga IT yang memahami secara mendalam seluruh perangkat teknologi modern.

Akhirnya, kami berharap dengan kehadiran Portal Berita PedomanSulsel.com, bisa memberi nuansa baru. Pun dengan rendah hati, kami meminta kritikan konstruktif dari masyarakat untuk portal ini demi memajukan dunia informasi, terkhusus di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

PedomanSulsel.com “Mitra Rakyat”.

Sekian dan Terima Kasih.

Salam Hormat Kami,
Redaksi