Tiga Makanan dan Minuman yang Pas Disantap Saat Berbuka

PedomanSulsel.com – Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia.

Puasa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, baik jasmanai maupun rohani dari sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Menjaga kesehatan saat puasa di bulan ramadhan merupakan keharusan, salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan setiap makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk makan terlalu banyak atau berlebihan saat berbuka puasa, apalagi dengan hidangan yang lezat dan mengundang selera.

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi makanan harus sesuai sehingga apa yang di konsumsi mempunyai nilai gizi yang baik dan tidak memberikan dampak negatif setelahnya.

Baca Juga :  Peringatan Nuzulul Qur’an Pemda Lutra Dipusatkan di Sultan

Sebelumnya, PedomanSulsel.com telah menyampaikan tiga makanan dan minuman yang dapat menguatkan ibadah puasa yaitu Kurma, Madu dan Air putih.

Kali ini ada empat lagi makan dan minuman tim PedomanSulsel.com sampaikan agar puasa dapat berjalan lancar:

1. Buah-buahan Segar

Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna oleh usus.

Pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi.

Selain itu usahakan mengonsumsi buah yang kaya serat, seperti pisang dan pepaya karena buah tersebut mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang.

Baca Juga :  Safari Ramadan di Rongkong, Bupati Indah Perkenalkan 2 Inovasi Penerima Penghargaan

2. Sayur-sayuran

Sayuran sangat cocok untuk makanan berbuka puasa karena sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang, itulah sebabnya perlu makan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras.

Sayuran yang di rekomendasikan adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

3. Ikan

Ikan di konsumsi sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa. Ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena daging ikan mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

Baca Juga :  10 Tips Menghindari Dehidrasi saat Berpuasa

4. Telur

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi.

Karena dalam satu telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino.

Demikian beberapa jenis makanan yang sangat baik di konsumsi saat berbuka puasa. Semoga puasa ramadhan tahun ini ibadah kita semakin baik serta kita bisa berjumpa dengan ramadhan tahun depan.

Jika ada kritik, saran dan tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Editor: Jusrianto

Berbagi itu indah