Tiga Makanan dan Minuman yang Pas Disantap Saat Berbuka, Nomor 3 Paling Sering Ditemukan!

PedomanSulsel.com – Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia.

Puasa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, baik jasmanai maupun rohani dari sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Menjaga kesehatan saat puasa di bulan ramadhan merupakan keharusan, salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan setiap makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga :  Safari Ramadan di Bone-bone, Bupati Indah Ajak Masyarakat Segera Tunaikan Zakat

Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk makan terlalu banyak atau berlebihan saat berbuka puasa, apalagi dengan hidangan yang lezat dan mengundang selera.

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi makanan harus sesuai sehingga apa yang di konsumsi mempunyai nilai gizi yang baik dan tidak memberikan dampak negatif setelahnya.

1. Kurma

Kurma merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berta terlebih dahulu saat hendak berbuka puasa.

Usahakan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan, salah satunya adalah kurma.

Baca Juga :  Kurma Jadi Menu Favorit Kapolres Sidrap Saat Berbuka Puasa

Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah.

Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan.

Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

Baca Juga :  Lima Cara Menambah Pahala di Bulan Ramadhan

Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

3. Air putih

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk langsung meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, agar cairan dalam tubuh yang hilang kembali normal.

Penulis: Jusrianto

Berbagi itu indah
  • 5
    Shares